Selasa, 02 Juni 2009

Kurma

Pohon kurma (phoenix dactylifera) adalah pohon yang umumnya tumbuh dan berkembang di padang pasir. Buah pohon kurma sangat manis (konon buah kurma adalah buah yang paling manis di planet ini). Kurma adalah sejenis tanaman palma yang sudah dikenal lama di afrika dan asia barat dan termasuk pohon yang dibudidayakan. Seringkali pohon ini bisa tumbuh sendiri maupun bergerombol dan keunikan pohon ini sering dijadikan inspirasi di kitab-kitab suci.

Dikisahkan pada zaman Nabi Muhammad ada sebuah pohon kurma yang "anak pohon" nya tumbuh jauh dari pohon induknya sampai mencapai salah satu rumah keluarga miskin. Sehingga setiap kali pohon kurma ini berbuah keluarga miskin ini selalu memetiknya dan ini menjadikan si empunya pohon marah dan mengadukan hal tersebut kepada Nabi Muhammad (Surah Al-Lail). Pula, di zaman Raja Daud pohon kurma dijadikan simbol "orang benar".

"Orang benar bertunas seperti pohon kurma akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon"
(Mazmur 92:13)


Padang pasir identik dengan kering, gersang, panas pada waktu siang dingin pada waktu malam, badai, tempatnya binatang berbisa ular beludak. Namun demikian kondisi "ekstrim" ini dapat menjadi tempat yang baik untuk pohon kurma. Rahasianya terletak pada akar pohon kurma dan daunnya yang "slim" sehingga kebutuhan air bisa minimalis. Akarnya tumbuh berkembang terus menembus perut bumi sampai mencapai sumber air dibawah.

Pohon kurma dibudidayakan dengan biji yang ditanam dilubang pasir. Kondisi padang pasir yang ekstrim tadi mengharuskan tempat penyemaian biji kurma tadi harus ditekan seberat-beratnya dengan batu supaya tidak dihempaskan oleh badai angin. Kurma pertama kali bertunas dengan bertumbuh ke bawah. Setelah akarnya mencapai air dan kokoh barulah bertumbuh ke atas dan berbalik menghempaskan batu beban di atasnya.

Pemazmur menggambarkan orang benar bertunas seperti kurma. Hidupnya sengaja ditekan seberat-beratnya agar supaya tidak terhempas oleh badai. Beban itu disengaja dan diijinkan terjadi supaya kita berakar kuat terlebih dahulu. Dan pada waktunya pohon kurma akan tumbuh menjulang sampai 25 meter ke atas. Beban batu tadi menjadikan biji pohon kurma bisa tumbuh ke atas dan berbuah..

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP